Headlines

Orang Ini Hanya Dua Kali Sakit Semasa Hidupnya...BONGKAR Rahasianya


Anda tahu siapakah satu-satunya orang yang hanya dua kali sakit semasa hidupnya (dengan usia lebih dari setengah abad)??hemm…Ya, dialah Nabi agung Muhammad Rasulullah SAW. Rasulullah SAW dalam catatan sejarah Islam disebutkan bahwa selama hidupnya beliau hanya pernah sakit sebanyak  dua kali, yaitu di saat pertengahan hidup dan menjelang wafatnya. Itu pun hanya berlangsung sebentar serta hampir tidak merepotkan masyarakat. Kok, bisa ya..hmm..apa rahasianya..mungkin sudah banyak yang tahu (termasuk saya :)) tapi tidak mengikutinya..duh kepriben ya… :p

semoga tulisan ini kembali mengingatkan kita (terutama saya)

Nah kita mulai dari jenis makanan.

JENIS MAKANAN
Pernah dengar pernyataan bahwa pencernaan adalah sumber segala penyakit?? nah itu berawal dari makanan yang kita konsumsi tiap hari. Rupanya tanpa kita sadari dalam makanan yang kita makan tidak boleh sembarangan. Hal inilah penyebab terjadinya berbagai penyakit yang berawal dari sistem pencernaan ke sistem tubuh yang lain, antara lain penyakit kencing manis, lumpuh, sakit degeneratif seperti; sakit jantung, kanker, kolesterol tinggi, darah tinggi, dll;, keracunan makanan dan lain-lain. Diet Rasulullah SAW menyebabkan beliau tak pernah sakit perut sepanjang hayatnya karena pandai menjaga makananya sehari-hari. Insya Allah kalau kita ikut diet Rasulullah ini, kita tidak akan menderita sakit perut ataupun keracunan makanan.
Nah ini anjuran beliau  yang sering kita langgar..

Jangan makan SUSU bersama DAGING
Jangan makan DAGING bersama IKAN
Jangan makan IKAN bersama SUSU
Jangan makan AYAM bersama SUSU
Jangan makan IKAN bersama TELUR
Jangan makan IKAN bersama DAUN SALAD
Jangan makan SUSU bersama CUKA
Jangan makan BUAH bersama SUSU; contoh COCTAIL

    ehm… kayaknya yang disebutin diatas sering kita lakukan ya, apalagi kalo lagi kelaparan semua makhluk -lauk pauk dan sayur yang ada ditumpuk jadi satu piring nutupin nasi, jadinya kayak gunung merapi diatas piring hehehe…

    Teringat waktu itu pernah buka bersama di rumah teman seangkatan di ilmu dan teknologi pangan ipb, yang kebetulan orang tuanya juga mempunyai pekerjaan yang concern dengan gizi, tapi kami disuguhi esbuah plus susu..waktu saya bilang..eh, buah pake susu..bukannya ga baik ya.., kata teman saya yang lain, mang kenapa?kan ntar zat gizi (vit n mineralnya) keiket..percuma dunk.., ah udahlah..enak ini…ooo..ya udah deh..(hahaa…teori sering tak didukung perilaku, sayang ya..). Oya, jadi inget sekarang byk yang suka minum teh susu..ini teh susu…waduuh…ilmu gizinya gimana tuuuh,…

    Sekarang si, kalo untuk minum susu jangan berbarengan dengan buah atau teh atau daging atau ikan maupun ayam, mungkin bisa, tapiii kalo dah ada nasi campur ikan sama daging pake telur juga..duuh..sering lupa, apalagi kalo gratisan..hajaaarr..wheehee..

    Nah, mengapa kita dianjurkan ga boleh berbarengan makan SUSU bersama DAGING, DAGING bersama IKAN, dll..wah itu jadi PR buat saya sebagai orang yang pernah belajar teknologi pangan..sepertinya berkaitan dengan prinsip food combining. Mungkin ada yang tahu, silahkan dishare ya.. ^_^

    Ok, lanjuttt boss…

CARA MAKAN
    * Jangan makan buah setelah makan nasi, sebaiknya makanlah buah terlebih dahulu sebelum makan nasi.  biasanya kita malah kebalikannya ya? kenapa coba…hemm..

    Buah akan lebih mudah dicerna, dibandingkan materi pangan kompleks seperti polisakarida, lemak, apalagi protein, dan istilahnya ini bertujuan untuk mempersiapkan organ pencernaan kita

    * Tidur 1 jam setelah makan tengah hari (makan siang). kalo yang namanya abis makan n kenyang tidurnya bukan cuma sejam bisa berjam-jam :p
    * Jangan sekali-kali tinggal untuk makan malam, sebaiknya max banget jam 8-9, barang siapa yang tinggal untuk makan malam dia akan dimakan usia dan kolesterol dalam badan akan berganda.(Maksudnya hindari makan diwaktu tengah malam). Kalo yang ini bagi yang sering begadang malah sering dilakukan. biasanya malam2 keluar nyari burjo (warung bubur kacang ijo 24 jam)
    * Nabi juga melarang kita makan makanan darat bercampur dengan makanan laut. Nabi pernah mencegah kita makan ikan bersama susu karena akan cepat mendapat penyakit. Ini terbukti oleh ilmuwan yang menemukan bahwa dalam daging ayam mengandung ion+ sedangkan dalam ikan mengandung ion-, jika dalam makanan kita ayam bercampur dengan ikan maka akan terjadi reaksi biokimia yang akan dapat merusak usus kita. ini juga sering dilakukan orang termasuk saya :) dalam satu piring ada ayam + ikan, ada juga yang + telor. ckckck.. gimana ga jadi penyakit wong makanannya campur2 kayak sampah

Al-Qur’an juga mengajarkan kita menjaga kesehatan seperti membuat amalan seperti:

    * Mandi pagi sebelum subuh sekurang-kurangnya sejam sebelum matahari terbit. Air sejuk yang meresap kedalam badan dapat mengurangi penimbunan lemak. Kita boleh saksikan orang yang mandi pagi kebanyakan orang tak gemuk. jangankan sebelum subuh, jam 7an aja masih takut nyentuh air apalagi kalo musim hujan. tapi ini harus dibiasakan karena sunah nabi ^_^
    * Rasulullah SAW mengamalkan minum segelas air sejuk (bukan air es) setiap pagi. Mujarabnya Insya Allah jauh dari penyakit. Trus, kebiasaan buruk yang kadang saya lakukan, jika udara panas habis makan nasi padang, inginnya minum segelas besar es teh..hmmm…segarrr pastinya kan? tapi ini SALAH T_T , oya minum juga jangan terlalu banyak. Ingat kan 1/3 utk makan, 1/3 utk minum, sisanya untuk udara. Karena kebanyakan minum akan menghambat sekresi asam dalam membantu proses pencernaan.
    * Waktu sholat subuh disunahkan kita bertafakur yaitu bersujud sekurang-kurangnya semenit setelah membaca doa. Tafakur sesaat nilainya seperti ibadah selama seperti 70 tahun. Kita akan terhindar dari sakit kepala dan migraine, ini terbukti oleh para ilmuwan yang membuat kajian kenapa dalam sehari perlu kita sujud. Para ahli sains telah menemukan beberapa milimeter ruang udara dalam saluran darah dikepala yang tidak dipenuhi darah. Dengan bersujud maka darah akan mengalir keruang tersebut.
    * Nabi SAW juga mengajarkan kita makan dengan tangan (tidak menggunakan sendok) dan bila selesai makan hendaklah menjilat jari. Begitu juga ahli saintis telah menemukan bahwa enzyme banyak terkandung disela-sela jari, yaitu 10 kali lipat dari yang terdapat dalam air liur (Enzyme sejenis alat pencerna makanan). keliatannya menjijikan yah? kalo dirumah sih gpp tapi kalo lg di acara gitu kan malu n bwt orang lain jijik ngeliat kita jilatin jari2 tangan. tapi ini sunah Rasul lho n kita wajib mengamalkannya

SUNAH CARA MAKAN MENURUT NABI SAW
    Makan garam secuil sebelum makan untuk menolak 70 macam penyakit dan ambil lagi secuil dengan jari manis tangan kanan setelah makan. Makanlah dengan tangan kanan (tanpa sendok). Sebaiknya kita yang menunggu makanan dan bukan makanan yang menunggu. Hemm..bisa ga ya…bisa bisa…^_^
    Berdoa sebelum dan sesudah makan, cuci tangan dan minum dengan memegang gelas dengan tangan kanan, meskipun tangan tersebut bekas kuah. ini juga sedikit ga nyaman diliatin org
    3Duduk dibawah bukan dibangku dan makan dimulai dari pinggir dan terakhir ketengah. Baik sekali makan berjamaah bersama keluarga maupun teman seperti ketika haji atau buka puasa bersama di Masjid dalam satu nampan bisa untuk 4 orang.
    Jangan sisakan sebutir nasipun karena nasi ini berdzikir. (duuh..sering banyak sisa nasi nieh padahal…T_T…)

Semoga tulisan ini bisa memberikan sedikit pengetahuan bagi kita terutama diri saya pribadi mengenai sunah-sunah Nabi SAW. Apapun itu, ini merupakan sunah Nabi yang wajib kita ikuti karena kita mengimaninya.


Sumber : https://pangansehati.wordpress.com/2009/11/11/biar-hidup-sehat-yuk-ikuti-cara-makan-rasulullah-saw/


No comments