Headlines

Hasna, Sang Juara MTQ Internasional dari Pelosok Sukabumi

Hasna, Sang Juara MTQ Internasional dari Pelosok Sukabumi

Prestasi anak bangsa Indonesia di kancah dunia patut diperhitungkan. Salah satunya dalam ajang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat internasional di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2018 lalu.
Seorang gadis belia, Hasna Shofwatul Azizah (13 tahun) asal Kampung Cikarang Sasak, Desa Sukamukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berhasil menjadi juara III dalam ajang tersebut. Hasna merupakan putri dari pasangan KH Agus Said Almubarok dan Siti Aminah.
Orangtuanya merupakan pimpinan Pondok Pesantren Tahfidz Cikarangsasak, Desa Sukamukti Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. Hasna saat ini belajar di MTs Raudhatul Ikhwan Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi tepatnya duduk di kelas VIII.
Prestasi yang diperoleh Hasna kini viral setelah diposting oleh mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo di media sosial dan mendapatkan respons positif dari masyarakat. "Setelah diposting oleh Pak Gatot Nurmantyo banyak pihak yang mengucapkan selamat," ujar ayahanda Hasna, KH Agus Said. Adanya perhatian dari mantan Panglima TNI ini dinilai sebagai bentuk kepedulian pada prestasi anak bangsa.
Menurut Agus, putri pertamanya tersebut meraih penghargaan dalam ajang MTQ Internasional yang digelar di Abu Dhabi pada 1-11 Juni 2018 lalu. Hasna merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia yang ikut perlombaan tersebut dan bertanding pada 10 Juni atau di akhir bulan Ramadhan lalu.
Sebelumnya kata Agus, ada sebanyak 15 peserta asal Indonesia yang mengikuti seleksi untuk bertanding dalam ajang MTQ di Abu Dhabi. Namun setelah melalui seleksi administrasi dan kualitas bacaan akhirnya hanya Hasna yang diberangkatkan ke Abu Dhabi.
Agus menerangkan, dalam ajang MTQ internasional tersebut Hasna berhasil menjadi juara III dan mengalahkan peserta dari 70 negara lainnya. Jenis perlombaan yang dimenangkannya pada kategori tilawah Alquran untuk anak-anak. "Prestasi yang diperoleh Hasna ini bersejarah karena belum ada anak perempuan asal Indonesia yang juara di MTQ tingkat internasioal," ungkap Agus.
Istimewanya, anak tersebut berasal dari daerah pelosok Sukabumi, Jawa Barat yakni kawasan Jampang. Di mana untuk menjangkau rumah Hasna dari Kota Sukabumi membutuhkan waktu sekitar tiga jam dengan medan jalan yang cukup berat saat ini.
Oleh karena itu ujar Agus, prestasi yang diperoleh Hasna tersebut diharapkan bisa memicu anak bangsa lainnya untuk terus berprestasi di ajang dunia. Selain itu generasi muda bisa lebih mencintai dan belajar membaca Alquran.

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/07/19/pc41dg384-hasna-sang-juara-mtq-internasional-dari-pelosok-sukabumi

No comments