dzikir nonstop 100x - subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah









Perbanyaklah Membaca Dzikir “Subhanallah wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim”
=======================================
Menurut Imam Al Ghazali, hanya ada satu amalan yang tidak dibatasi; yaitu dzikir.

Dalam Al-Quran Allah SWT berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dengan dzikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS. Al-Ahzab: 41)

Allah SWT memuji orang yang selalu berdzikir dalam setiap keadaan. Al-Quran menyebutkan: Orang-orang yang berdzikir kepada Allah sambil berdiri, duduk, atau berbaring. (QS. Ali Imran: 191)

Dalam ayat lain, Allah SWT berfirman: Setelah selesai menunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah, dan berdzikirlah kepada Allah sebanyak-banyaknya. Supaya kamu beruntung. (QS. Al-Jumu’ah: 10)

Bahkan ketika kita mencari anugerah Allah, bekerja mencari nafkah, kita dianjurkan untuk tidak meninggalkan dzikir.

Di antara kalimat-kalimat yang baik dan akan mendapatkan pahala di sisi Allah SWT dan dianjurkan untuk selalu dibaca dan dilantunkan dalam dzikir kita adalah:

“Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim”
Artinya : “Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung.”

Dzikir “Subhanallah wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim” merupakan salah satu kalimat yang banyak dianjurkan di dalam hadits-hadits Nabi saw, antara lain:

1) Rasulullah ﷺ bersabda : “Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai oleh (Allah) Yang Maha Pengasih, yaitu kalimat Subhanallah Wabihamdihi, Subhanallahil ‘Adzim. (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung).” (HR Bukhari 7/168 dan Muslim 4/2072);

2) Rasulullah ﷺ bersabda : “Sesungguhnya sebaik-baik ucapan kepada Allah SWT adalah kalimat Subhanallah wa Bihamdihi.” (HR Muslim dan Tirmidzi).

3) Diriwayatkan dari Abi Dzar. Rasulullah ﷺ pernah ditanya, “Perkataan apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Yang dipilih oleh Allah bagi para malaikat dan hamba-hamba-Nya, yaitu Subhanallah wa Bihamdihi (Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya).” (HR Muslim).

4) Rasulullah ﷺ bersabda : “Barangsiapa mengucapkan Subhanallah wa Bihamdihi seratus kali dalam sehari, ia akan diampuni segala dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di laut.” (HR Muslim dan Tirmidzi)

5) Ibnu Umar ra meriwayatkan bahwa suatu ketika Rasulullah ﷺ berkata kepada para sahabatnya, “Ucapkanlah Subhanallah wa Bihamdihi sebanyak seratus kali. Barangsiapa mengucapkannya satu kali maka tertulis baginya sepuluh kebaikan, barangsiapa mengucapkannya sepuluh kali maka tertulis baginya seratus kebaikan, barangsiapa mengucapkannya seratus kali maka tertulis baginya seribu kebaikan, barangsiapa menambahnya maka Allah pun akan menambahnya, dan barangsiapa memohon ampun, niscaya Allah akan mengampuninya.”

No comments