PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

doa lailatul qadar


Lailatul Qadar atau malam yang lebih baik dari seribu bulan adalah malam yang sangat istimewa bagi umat Islam. Malam yang terletak di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan ini merupakan malam yang di dalamnya pahala dilipatgandakan dan doa-doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, banyak umat Islam yang menghabiskan malam-malam terakhir Ramadan dengan beribadah dan memperbanyak doa. Salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca pada malam Lailatul Qadar adalah doa Lailatul Qadar.

Doa Lailatul Qadar memiliki banyak keutamaan. Dalam hadis riwayat Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang berdiri (beribadah) pada malam Lailatul Qadar dengan iman dan penuh harapan akan mendapatkan ampunan dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Berikut ini adalah doa Lailatul Qadar yang bisa dibaca pada malam yang mulia ini:
اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّيْ
Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni
Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, dan Engkau senang memaafkan, maka maafkanlah segala dosa-dosaku."

Doa ini bisa dibaca berulang kali dalam shalat tarawih atau shalat malam pada malam Lailatul Qadar. Selain itu, doa ini juga bisa dibaca di antara sujud saat berdoa atau kapan saja selama malam terakhir Ramadan.

Namun, selain membaca doa Lailatul Qadar, sebaiknya umat Islam juga memperbanyak amalan kebaikan pada malam Lailatul Qadar. Beberapa amalan yang bisa dilakukan antara lain:
1. Membaca Al-Quran
Membaca Al-Quran pada malam Lailatul Qadar adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah, maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa Alif-Lam-Mim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Lam adalah satu huruf dan Mim adalah satu huruf." (HR. Tirmidzi)
2. Memperbanyak shalat
Memperbanyak shalat pada malam Lailatul Qadar juga sangat dianjurkan. Shalat yang bisa dilakukan antara lain shalat tarawih, shalat malam, shalat witir, dan shalat tahajud. Selain itu, umat Islam juga bisa melakukan shalat sunnah lainnya seperti shalat duha dan shalat tahiyatul masjid.
3. Membaca dzikir dan doa
Membaca dzikir dan doa juga bisa dilakukan pada malam Lailatul Qadar. Beberapa dzikir dan doa yang bisa dilakukan antara lain dzikir tahmid, dzikir tahlil, dzikir takbir, dzikir tasbih, serta membaca surat Yasin dan doa Qunut.
4. Membuat sedekah
Membuat sedekah pada malam Lailatul Qadar juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Sedekah bisa diberikan dalam bentuk apa saja, seperti memberikan makanan kepada orang yang membutuhkan atau memberikan bantuan keuangan.
5. Mengikuti pengajian
Mengikuti pengajian atau ceramah agama pada malam Lailatul Qadar juga bisa menjadi amalan yang sangat bermanfaat. Pengajian atau ceramah agama bisa membantu umat Islam memperdalam pemahaman mereka tentang agama Islam.

Demikianlah beberapa amalan yang bisa dilakukan pada malam Lailatul Qadar. Namun, yang terpenting adalah memperbanyak doa dan beribadah dengan sungguh-sungguh pada malam yang istimewa ini. Semoga Allah SWT selalu memberikan kita kekuatan untuk beribadah dan memperbanyak amalan kebaikan di setiap kesempatan yang diberikan-Nya. Aamiin.


=============================
doa malam lailatul qadar,doa lailatul qadar,lailatul qadar,doa malam lailatul qadar sesuai sunnah,doa lailatul qadar lengkap,malam lailatul qadar,doa malam lailatul qadar menurut sunnah,doa lailatul qodar,bacaan doa lailatul qadar,amalan malam lailatul qadar,doa di malam lailatul qadar,bacaan doa malam lailatul qadar,lailatul qodar,lailatul qadr,doa malam lailatul qadar tulisan arab,doa malam lailatul qodar,doa lailatul qodar gus baha,doa laililatul qodar

Tidak ada komentar