PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

istighfar ibnu abbas


Istighfar Ibnu Abbas: Pengertian dan Manfaatnya
Istighfar merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Salah satu bentuk istighfar yang cukup populer adalah istighfar Ibnu Abbas. Istighfar Ibnu Abbas adalah doa penyesalan dan permohonan ampun yang dilakukan dengan menggunakan kalimat-kalimat yang diajarkan oleh Ibnu Abbas, salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang terkenal dengan kealimannya dalam bidang tafsir.

Pengertian Istighfar Ibnu Abbas
Istighfar Ibnu Abbas merupakan doa penyesalan dan permohonan ampun yang dilakukan dengan mengucapkan kalimat-kalimat yang diajarkan oleh Ibnu Abbas. Doa ini biasanya dilakukan setelah seseorang melakukan dosa atau kesalahan, baik itu dosa kecil maupun dosa besar.

Manfaat Istighfar Ibnu Abbas
Terdapat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengamalkan Istighfar Ibnu Abbas, di antaranya adalah:
1. Mendapatkan ampunan dari Allah SWT Istighfar Ibnu Abbas adalah salah satu doa yang sangat mustajab untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Dengan mengucapkan kalimat-kalimat yang diajarkan oleh Ibnu Abbas, kita akan merasa lega dan tenang karena sudah memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat.
2. Menumbuhkan rasa taubat Istighfar Ibnu Abbas juga dapat menumbuhkan rasa taubat dalam hati seseorang. Ketika kita mengucapkan kalimat-kalimat tersebut dengan sungguh-sungguh, maka kita akan merasa menyesal atas dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat. Hal ini akan memotivasi kita untuk berubah menjadi lebih baik lagi dan tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan.
3. Membersihkan hati dan pikiran Dengan mengamalkan Istighfar Ibnu Abbas, kita juga dapat membersihkan hati dan pikiran dari segala macam dosa dan kesalahan. Hal ini akan membuat kita lebih tenang dan damai dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
4. Menghindari siksa neraka Dalam Islam, dosa-dosa yang kita perbuat akan dihitung dan akan menjadi beban di akhirat nanti. Dengan mengamalkan Istighfar Ibnu Abbas, kita dapat memohon ampun kepada Allah SWT agar dosa-dosa tersebut diampuni dan tidak menjadi beban di akhirat nanti. Dengan demikian, kita dapat menghindari siksa neraka dan masuk ke dalam surga-Nya.

Contoh Istighfar Ibnu Abbas
Berikut ini adalah contoh Istighfar Ibnu Abbas yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari:
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ
Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Yang Maha Kekal, dan aku bertaubat kepada-Nya."

Kalimat ini dapat diucapkan setelah shalat, ketika merasa menyesal atas kesalahan yang telah dilakukan, atau dalam keadaan lain yang memerlukan permohonan ampun kepada Allah SWT.

Selain itu, terdapat juga beberapa kalimat Istighfar Ibnu Abbas lainnya yang dapat kita amalkan, seperti:
أَسْتَغْفِرُ اللهَ رَبِّيْ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّخَطِيئَةٍ، وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ
Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, Tuhan-ku, atas segala dosa dan kesalahan, dan aku bertaubat kepada-Nya."

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا
Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari pengetahuan yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, jiwa yang tidak merasa cukup, dan doa yang tidak diijabahi."

Kesimpulan
Istighfar Ibnu Abbas adalah doa penyesalan dan permohonan ampun yang dilakukan dengan menggunakan kalimat-kalimat yang diajarkan oleh Ibnu Abbas. Dengan mengamalkan Istighfar Ibnu Abbas, kita dapat mendapatkan berbagai manfaat seperti mendapatkan ampunan dari Allah SWT, menumbuhkan rasa taubat, membersihkan hati dan pikiran, serta menghindari siksa neraka. Oleh karena itu, mari kita amalkan Istighfar Ibnu Abbas dalam kehidupan sehari-hari agar kita senantiasa mendapat rahmat dan keberkahan dari Allah SWT.


=============================
istighfar,sholawat ibnu abbas,sayyidul istighfar,istighfar rajab,istighfar bulan rajab,ibnu abbas,keajaiban istighfar,doa istighfar rajab,shalawat ibnu abbas,istighfar rajab merdu,istighfar rajab latin,istighfar rajab habib umar,manfaat istighfar,istighfar rajab lengkap,istighfar 100 times,keutamaan istighfar,bacaan shalawat ibnu abbas,dahsyatnya istighfar,istighfar rajab dan artinya,amalan istighfar bulan rajab,istighfar rajab dan faedahnya

Tidak ada komentar