PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

sholawat imam syafi'i


Sholawat imam syafi'i dalam kitab ar-risalah adalah salah satu sholawat yang memiliki keutamaan besar bagi yang membacanya. Sholawat ini ditulis oleh Imam As-Syafi'i, seorang ulama besar yang ahli dalam bidang ushul fiqih, dalam kitabnya yang berjudul Ar-Risalah. Kitab ini membahas tentang prinsip-prinsip dasar ilmu fiqih dan metodologi penarikan hukum dari sumber-sumber syariat.

Sholawat imam syafi'i dalam kitab ar-risalah adalah sebagai berikut:

وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ كُلَّمَا ذَكَرَهُ الذَّاكِرُوْنَ وغَفَلَ عَنْ ذِكْرِهِ الغَافِلُوْنَ

Wa shallallahu 'alaa Muhammadin kullamaa dzakarahudz dzaakiruuna, wa ghafala 'an dzikrihil ghaafiluuna.

Artinya: "Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya untuk Nabi Muhammad saw sebilangan orang yang mengingat-Nya dan sebilangan orang yang lalai mengingat-Nya."

Sholawat ini memiliki makna yang mendalam dan luas. Dengan membaca sholawat ini, kita memohon agar Allah senantiasa memberikan rahmat kepada Nabi Muhammad saw, baik ketika beliau diingat oleh orang-orang yang berdzikir maupun ketika beliau dilupakan oleh orang-orang yang lalai. Dengan demikian, kita mengakui bahwa Nabi Muhammad saw adalah sosok yang pantas mendapatkan rahmat Allah tanpa batas dan tanpa syarat.

Sholawat ini juga menunjukkan rasa cinta dan hormat kita kepada Nabi Muhammad saw, yang merupakan suri tauladan dan pembawa risalah terakhir dari Allah. Dengan membaca sholawat ini, kita mengikuti sunnah para sahabat dan ulama yang selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad saw sebagai bentuk penghormatan dan pengagungan.

Sholawat ini juga memiliki keutamaan yang luar biasa bagi yang membacanya. Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumiddin menyebutkan bahwa sholawat ini merupakan salah satu sholawat yang mendapatkan hadiah besar dari Rasulullah saw. Imam Al-Ghazali meriwayatkan sebuah kisah tentang Abul Hasan yang bermimpi bertemu dengan Rasulullah saw dan bertanya tentang sholawat imam syafi'i dalam kitab ar-risalah. Rasulullah saw menjawab bahwa hadiah besarnya untuk Imam As-Syafi'i adalah bahwa ia tidak akan dihentikan untuk hisab nanti.

Dengan demikian, sholawat imam syafi'i dalam kitab ar-risalah adalah sholawat yang memiliki banyak manfaat dan keberkahan bagi yang membacanya. Sholawat ini juga menunjukkan kecintaan dan kekaguman Imam As-Syafi'i kepada Nabi Muhammad saw sebagai pembawa cahaya hidayah dan rahmat bagi seluruh alam. Semoga kita bisa mengikuti jejak Imam As-Syafi'i dalam bershalawat kepada Nabi Muhammad saw dengan penuh pengharapan dan penghormatan.

Tidak ada komentar