PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

dzikir sebelum sholat fajar - ya hayyu ya qoyyum la ilaha illa anta 40x - Memohon Kehidupan dari Sang Maha Hidup

 

Dzikir sebelum Sholat Fajar memiliki keistimewaan tersendiri dalam kehidupan seorang Muslim. Salah satu dzikir yang sangat dianjurkan adalah:

 

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ، لَا اِلٰهَ اِلَّا اَنْتَ (×٤٠)

YAA HAYYU YAA QOYYUUM, LAA ILAAHA ILLAA ANTA

"Wahai Yang Maha Hidup, Wahai Yang Maha Berdiri Sendiri, Tidak Ada Tuhan Selain Engkau."

 

Dzikir ini mencerminkan kehambaan dan pengakuan kita terhadap keesaan Allah. Pemanggilan kepada-Nya dengan sebutan "Hai Yang Maha Hidup" dan "Yang Maha Berdiri Sendiri" mengingatkan kita akan keberadaan-Nya yang abadi dan memiliki kekuasaan yang tidak terbandingkan.

 

Manfaat Dzikir 40x Sebelum Sholat Fajar

 

1. Mendekatkan Diri kepada Allah: Dengan merutinkan dzikir ini, kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah. Pemanggilan kepada-Nya yang hidup dan berdiri sendiri menjadi wujud rasa ketergantungan kita pada-Nya.

 

2. Memohon Pengampunan: Mengulang dzikir ini sebanyak 40 kali menjadi pengakuan dosa-dosa kita dan permohonan ampunan kepada Allah yang Maha Pengampun.

 

3. Penyucian Hati: Dzikir ini mencakup permohonan agar Allah menyucikan hati kita. "Ya Hayyu Ya Qoyyum, ahyil quluuba tahyaa" menggambarkan harapan agar Allah memberikan kehidupan pada hati kita.

 

4. Perbaikan Amalan: "Wa ashlih lana al-a'maal fi ad-diini wad-dunyaa" mengajarkan kita untuk memohon agar Allah memperbaiki amalan-amalan kita, baik dalam urusan agama maupun dunia.

 

Mengapa Dzikir Sebelum Sholat Fajar?

 

1. Kesiapan Spiritual: Dzikir ini membantu mengarahkan hati dan pikiran kita pada kesiapan spiritual sebelum memulai sholat Fajar, sholat yang memiliki keutamaan besar di dalam Islam.

 

2. Memori tentang Kehidupan dan Kematian: "Ya Hayyu Ya Qoyyum" mengingatkan kita bahwa Allah adalah Maha Hidup dan Berdiri Sendiri, sementara "Laa ilaaha illaa Anta" (Tidak ada Tuhan selain Engkau) mencerminkan kebenaran mutlak akan ke-Esa-an-Nya, serta mengingatkan kita tentang kehidupan dan kematian.

 

3. Menyucikan Niat: Dzikir ini membantu menyucikan niat sebelum beribadah, memastikan bahwa ibadah kita semata-mata untuk Allah semata.

 

Dengan menghidupkan dzikir sebelum Sholat Fajar, kita tidak hanya menjalankan sunnah Rasulullah, tetapi juga meresapi makna dan manfaat spiritual yang mendalam. Semoga amalan dzikir ini membawa berkah dan keberkahan dalam setiap langkah hidup kita.



Tidak ada komentar