PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

Dzikir Pengganti Puasa Rajab: Meraih Kebaikan dengan Tasbih dan Pujian - subhanal ilahil jalil

 

Bulan Rajab, salah satu bulan yang dihormati dalam kalender Islam, menyimpan keutamaan besar bagi umat Muslim. Salah satu amalan yang dianjurkan dalam bulan ini adalah berpuasa. Namun, bagi yang tidak mampu menjalankan puasa penuh, terdapat alternatif bernilai tinggi, yaitu dzikir pengganti puasa Rajab. Mari kita eksplor lebih lanjut tentang dzikir yang dianjurkan untuk meraih keberkahan dalam bulan suci ini.

 

Dzikir yang dianjurkan sebagai pengganti puasa Rajab adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَ اْلإِلٰهِ اْلجَلِيْلِ، سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنْبَغِي التَّسْبِيْحُ إِلَّا لَهُ، سُبْحَانَ اْلأَعَزِّ اْلأَكْرَمِ، سُبْحَانَ مَنْ لَبِسَ اْلعِزَّ وَهُوَ لَهُ أَهْلٌ

(SUBHAANAL ILAAHIL JALIIL, SUBHAANA MAN LAA YAMBAGHIT-TASBIIHU ILLAA LAH, SUBHAANAL A’AZZIL AKROM, SUBHAANA MAN LABISAL ‘IZZA WAHUWA LAHUU AHLUN)

Artinya:

Mahasuci Allah Yang Maha Mempunyai Kebesaran, Maha suci (Allah) Yang hanya Dia-lah yang layak disucikan, Maha suci (Allah) Yang Maha Mulia dan Maha Dermawan, Maha suci (Allah) Yang Menyandang Kemuliaan dan Hanya Dialah Yang pantas menyandangnya.

 

Dzikir ini memiliki nilai pahala besar di sisi Allah. Meskipun tidak dapat berpuasa, umat Muslim dapat meraih keberkahan dengan menyelipkan dzikir ini dalam kegiatan sehari-hari. Dianjurkan untuk mengucapkannya setidaknya 100 kali setiap hari, sebagaimana disarankan oleh Yahya bin al-Husain al-Syajari dalam Kitab al-Amali.

 

Selain meraih pahala, dzikir ini juga memiliki manfaat spiritual. Mengingat kebesaran Allah dan merenungkan sifat-sifat-Nya yang Maha Mulia dapat memperdalam hubungan spiritual antara hamba dan Tuhannya.

 

Meskipun tidak mampu berpuasa secara fisik, umat Muslim dapat tetap meraih keberkahan bulan Rajab dengan mendekatkan diri pada Allah melalui dzikir. Mari jadikan dzikir sebagai sarana untuk memperkukuh iman dan mendekatkan diri kepada-Nya di bulan suci ini.


Tidak ada komentar