PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

RAHASIA DOA PEMBUKA REZEKI YANG WAJIB KAMU AMALKAN SETIAP HARI - Dari Abah Guru Sekumpul dan Habib Anis Al Habsyi hingga Penyusun Maulid Simtudduror - ya rabbi shalli ala muhammad waftah minal khairi kulla mughlaq



Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, kaya akan tradisi keagamaan yang diwariskan oleh para ulama dan habib. Salah satu dari tradisi tersebut adalah pembacaan doa dan shalawat, yang merupakan bentuk cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Salah satu doa yang populer di kalangan Muslim Indonesia adalah:

 

**يَا رَبِّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ, وَ افْتَحْ مِنَ الْخَيْرِ كُلَّ مُغْلَقٍ**

**YAA ROBBI SHOLLI ‘ALAA MUHAMMAD, WAFTAH MINAL KHOIRI KULLA MUGHLAQ**

**"Ya Tuhan, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad, dan bukalah setiap pintu kebaikan yang tertutup."**

 

Doa ini biasa dibaca 10 kali setelah Salat Subuh dan setelah Salat Ashar, sebagai bentuk ikhtiar memohon keberkahan dan kemudahan dari Allah SWT.

 

#### Abah Guru Sekumpul

 

Salah satu ulama besar yang sangat dihormati di Indonesia adalah KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, yang dikenal sebagai Abah Guru Sekumpul. Beliau lahir di Martapura, Kalimantan Selatan, dan merupakan tokoh kharismatik yang diakui karena kedalaman ilmunya, keikhlasannya, serta kesederhanaannya. Abah Guru Sekumpul memiliki pengaruh besar dalam menyebarkan ajaran Islam dengan cinta dan kelembutan, serta memperkenalkan berbagai doa dan amalan yang mendekatkan umat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

 

Tradisi membaca doa **يَا رَبِّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ, وَ افْتَحْ مِنَ الْخَيْرِ كُلَّ مُغْلَقٍ** sering kali diamalkan oleh para murid dan pengikut beliau, sebagai salah satu bentuk warisan spiritual yang mengandung harapan akan kemudahan dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

 

#### Habib Anis Al Habsyi

 

Habib Anis bin Alwi bin Ali Al Habsyi, seorang ulama keturunan Hadhrami yang menetap di Solo, Jawa Tengah, juga dikenal luas di kalangan Muslim Indonesia. Beliau adalah sosok yang dikenal akan cinta dan pengabdian tulusnya kepada Rasulullah SAW. Habib Anis seringkali memimpin majelis shalawat dan zikir yang dihadiri ribuan jamaah, di mana pembacaan shalawat dan doa menjadi bagian penting dari majelis tersebut.

 

Habib Anis, seperti halnya Abah Guru Sekumpul, menekankan pentingnya memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk cinta dan penghormatan yang mendalam. Doa **يَا رَبِّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ, وَ افْتَحْ مِنَ الْخَيْرِ كُلَّ مُغْلَقٍ** merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dibaca, guna memohon keberkahan dan kemudahan dari Allah SWT.

 

#### Penyusun Maulid Simtudduror

 

Maulid Simtudduror adalah salah satu kitab maulid yang sangat populer di kalangan Muslim Nusantara. Kitab ini disusun oleh Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, seorang ulama besar dari Yaman. Maulid Simtudduror berisi puji-pujian dan kisah-kisah kehidupan Rasulullah SAW yang dibacakan dalam berbagai perayaan Maulid Nabi di Indonesia dan berbagai belahan dunia lainnya.

 

Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi melalui karyanya yang agung ini, tidak hanya mengajak umat untuk mengenang kelahiran dan kehidupan Rasulullah SAW, tetapi juga mengajak untuk memperbanyak shalawat sebagai wujud kecintaan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Pembacaan shalawat dan doa seperti **يَا رَبِّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ, وَ افْتَحْ مِنَ الْخَيْرِ كُلَّ مُغْلَقٍ** menjadi bagian integral dari tradisi maulid, yang diharapkan membawa berkah dan kemudahan bagi para pembacanya.

 

#### Kesimpulan

 

Tradisi membaca doa dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, seperti yang diajarkan oleh Abah Guru Sekumpul dan Habib Anis Al Habsyi serta yang tertera dalam Maulid Simtudduror, merupakan bentuk ibadah yang mendalam dan penuh makna. Doa **يَا رَبِّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ, وَ افْتَحْ مِنَ الْخَيْرِ كُلَّ مُغْلَقٍ** yang dibaca setelah Salat Subuh dan Salat Ashar, menjadi salah satu cara bagi umat Muslim untuk memohon rahmat, kemudahan, dan keberkahan dari Allah SWT melalui perantara cinta kepada Rasulullah SAW. Tradisi ini menguatkan ikatan spiritual umat dengan Sang Pencipta dan Rasul-Nya, serta memperkaya khazanah keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.


Tidak ada komentar