PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

Shalawat Qomarul Wujud Habib Abu Bakar Gresik


Setiap hari, setelah sholat Subuh, dibaca sebanyak sepuluh kali:


Sekilas tentang biografi (manaqib) beliau:

Al-Habib Al-Qutub Abubakar Bin Muhammad Assegaf lahir di kota Besuki, Jawa Timur, pada tahun 1285 H. Ayahnya meninggal di Gresik ketika Abubakar masih kecil. Pada tahun 1293 H, Habib Abubakar pergi ke Hadramaut atas permintaan neneknya, Syaikhah Fatimah binti Abdullah 'Allan.

Di Hadramaut, beliau belajar ilmu fiqh dan tasawuf dari pamannya, Al-Habib Abdullah bin Umar Assegaf, serta dari berbagai ulama besar di sana, termasuk Al-Habib Al-Qhutb Sulthanul Awliya Ali bin Muhammad Alhabsyi, penyusun kitab maulid "Simthud Duhror," dan banyak lagi.

Habib Abubakar kembali ke pulau Jawa pada tahun 1302 H, membawa ilmu yang diperolehnya. Di Jawa, beliau tetap aktif dalam belajar dari ulama-ulama setempat seperti Al-Habib Quthb Aqthab Abdullah bin Muhsin Alatas (Bogor), Al-Habib Quthb Abdullah bin Ali Alhaddad (wafat di Jombang), dan lainnya.

Setelah mendapat ilham untuk mengasingkan diri dari dunia selama 15 tahun, Habib Abubakar menghabiskan waktu uzlahnya dengan tekun beribadah. Setelah itu, atas izin guru beliau, Al-Habib Muhammad bin Idrus Alhabsyi, beliau kembali ke masyarakat dan menyebarkan dakwah Islam di Gresik. Dakwahnya diterima dengan antusiasme, dan majelis taklim dan dzikirnya selalu ramai.

Habib Abubakar menjaga warisan keluarga dan Salafnya Bani Alawi dengan tekun. Beliau sering membaca kitab-kitab Salaf dalam majlisnya, dan dakwahnya selalu berpusat pada kebesaran Ilahi. Beliau wafat pada tahun 1376 H pada usia 91 tahun dan dikebumikan di sebelah Masjid Jami, Gresik.

Meskipun beliau telah meninggal, pengaruh dan ajaran beliau tetap hidup di hati para pengikutnya, dan kebaikan yang beliau bawa terus berlanjut. Semoga shalawat kita menjadi wadah untuk mendekatkan diri kepada beliau dan, pada akhirnya, kepada Allah Yang Maha Kuasa.

Tidak ada komentar