PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

Biografi lengkap dan update Qari Muammar ZA


# Biografi Qari Muammar ZA

Qari Muammar Zainal Asyikin (bahasa Arab: معمر زين العاشقين; lahir 14 Juni 1954) biasa disingkat Muammar ZA atau Muammar Z.A. adalah seorang Qari' senior dan Hafiz dari Indonesia yang dikenal secara nasional maupun internasional. Beliau pemenang lomba pembacaan Qur'an yang dikenal dengan "Musabaqah Tilawatil Quran" (MTQ) pada tahun 1980an di Indonesia maupun di luar negeri. Bakatnya sudah terlihat sejak kecil pada saat mengikuti lomba membaca Qur'an di Pemalang pada tahun 1962 mendapat juara di umur 7 tahun.¹

H. Muammar, dikenal secara internasional dengan kemampuan nafas panjangnya (terpanjang di dunia).² Ia dikenal memiliki segudang prestasi yang berhubungan dengan dunia qiro’ah Al-Quran. Di antaranya, ia pernah menjadi juara 1 MTQ Se-Propinsi DIY tahun 1967. Selain itu, selama tiga kali berturut-turut (1967, 1972, 1973) menjuarai MTQ tingkal nasional mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tahun 1979 dan 1986 menjadi juara dalam lomba qori’ tingkat Internasional. Atas berbagai keberhasilannya ia kerap diundang keliling di berbagai belahan dunia. Di antaranya dia diundang mengaji di Istana Raja Hasanah Bolkiah (Brunei), Istana Yang Dipertuan Agung Malaysia hingga ke Jazirah Arab.³ Qari Muammar ZA pernah diundang ke Pakistan untuk melantunkan ayat suci Al-Quran disana pada tahun 2009⁴ dan juga pernah diundang ke Turki pada tahun 2004.

## Riwayat Hidup

Qari Muammar ZA adalah putra ketujuh dari sepuluh bersaudara (hanya sembilan yang mencapai dewasa) dari pasangan H. Zainal Asyikin dan Hj. Mu’minatul Afifah, yang juga merupakan tokoh agama di desanya. Beliau dilahirkan di Dusun Pamulihan, Warungpring, Kecamatan Moga, kurang lebih 40 KM selatan ibu kota Kabupaten Pemalang.¹ Adik beliau yang bernama Imron Rosyadi ZA., juga mengikuti jejaknya menjadi qari nasional setelah menjuarai MTQ.

Qari Muammar menikah dengan seorang wanita Aceh yang bernama Syarifah Nadiya pada tahun 1984 dan dikaruniai seorang putri dan empat putra, yaitu Husnul Adib Al Fasyi, Ammar Luaiyan Ad Danny, Lia Farah Diza, Rayhan Al Bazzy, Ahmad Syauqi Al Banna. Kemudian beliau menikah lagi dengan seorang wanita dari Cianjur bernama Imass Rizqy Fauziah dan dikaruniai tiga putri dan satu putra bernama Izza Syaulia Salsabila, Isy Qarina Latansa, Nur Anjani Raehana, dan Muammar Syifa'ul Ainain.

## Pendidikan

Usai SD, Muammar mondok di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah. Kaliwungu dikenal sebagai kota santri. Di sana puluhan pesantren berdiri. Setelah mondok, Muammar belajar di PGA di Yogyakarta. Sempat pula ia belajar di IAIN Sunan Kalijaga. Selama kuliah ia masih menggeluti dunia qari. Mengikuti MTQ tingkat Provinsi DIY tahun 1967, ia berhasil menyabet juara pertama tingkat remaja. Setelah itu langganan tetap menjadi kontingen DIY di MTQ Nasional.³

Dari Yogyakarta, Muammar ZA pindah ke Jakarta melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ), Ciputat. Dari sinilah bakat qori beliau semakin dilatih. Sebab PTIQ merupakan tempat para juara MTQ berkumpul dan karena itu persaingan semakin ketat untuk menjadi yang terbaik. Beliau digembleng oleh guru-guru terbaik baik dalam negeri maupun luar negeri, seperti dari Mesir.

## Mendirikan Pesantren

Pada tahun 2002, Muammar ZA mendirikan Pesantren Ummul Quro yang berada di Cipondoh, Tangerang, sebagai tempat kaderisasi Qari dan Qari’ah muda berkelas internasional sejak dini.

## Prestasi Qori Internasional

Prestasi dalam membaca ayat-ayat Al-Qur'an di antaranya adalah sebagai pemenang lomba "Musabaqah Tilawatil Quran" (MTQ) pada tahun 1981 di Indonesia maupun di luar negeri. Bakat qiro'ahnya sudah terlihat sejak kecil pada saat mengikuti lomba membaca Al-Qur'an di Pemalang pada tahun 1962 dan mendapat juara di umur 7 tahun.¹

Selanjutnya, beliau pernah menjadi juara I MTQ Se-Propinsi DIY tahun 1967. Dan, selama tiga kali berturut-turut (1967, 1972, 1973) menjuarai MTQ tingkal nasional mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Prestasi di tingkat internasional diraih pada tahun 1979 dan 1986 sebagai juara dalam lomba qori' tingkat Internasional. Karena prestasinya di bidang qiro'ah, Muammar ZA sering mendapatkan undangan untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an dengan suara indahnya di berbagai belahan dunia, di antaranya: mengaji di Istana Raja Hasanah Bolkiah (Brunei), Istana Yang Dipertuan Agung Malaysia hingga ke Jazirah Arab.³ Qari Muammar ZA pernah diundang ke Pakistan untuk melantunkan ayat suci Al-Quran disana pada tahun 2009⁴ dan juga pernah diundang ke Turki pada tahun 2004.

Demikianlah biografi singkat Qari Muammar ZA, seorang qari legendaris yang mendunia dengan suara merdu dan nafas panjangnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kita semua untuk lebih mencintai dan mengamalkan Al-Quran. Aamiin.

Jika Anda memiliki masukan atau saran untuk artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

## Sumber

¹: [Muammar Z.A. - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas](https://id.wikipedia.org/wiki/Muammar_Z.A.)

²: [Muammar ZA, Qori Legendaris yang Mendunia - langit7.id](https://langit7.id/read/12151/1/Muammar-za-qori-legendaris-yang-mendunia-1646049754)

³: [Biografi KH. Muammar Z.A | Profil Ulama › LADUNI.ID - Layanan Dokumentasi Ulama dan Keislaman](https://www.laduni.id/post/read/68546/biografi-kh-Muammar-za)

⁴: [Qari Muammar ZA in Pakistan - YouTube](https://www.youtube.com/watch?v=0z0XtqZLcOg)

: [Muammar ZA in Turkey - YouTube](https://www.youtube.com/watch?v=9gJZfzXwWkE)

: [Muammar Z.A. - STEKOM](https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Muammar_Z.A.)

: [Profil Ulama › LADUNI.ID - Biografi KH. Muammar Z.A](https://www.laduni.id/post/read/68546/biografi-kh-Muammar-za)

: [Pesantren Ummul Quro Al-Islami Cipondoh Tangerang | Facebook](https://www.facebook.com/Pesantren-Ummul-Quro-Al-Islami-Cipondoh-Tangerang-10150117392085257/)

Sumber: 
(1) Muammar Z.A. - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Muammar_Z.A..
(2) Profil Ulama › LADUNI.ID - Biografi KH. Muammar Z.A. https://www.laduni.id/post/read/68546/biografi-kh-Muammar-za.
(3) Muammar ZA, Qori Legendaris yang Mendunia - langit7.id. https://langit7.id/read/12151/1/Muammar-za-qori-legendaris-yang-mendunia-1646049754.
(4) Muammar Z.A. - STEKOM. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Muammar_Z.A..

Tidak ada komentar