PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

doa awal tahun baru islam 2023 1 muharram 1445


Doa Awal Tahun Baru Islam 2023 1 Muharram 1445

Tahun baru Islam adalah salah satu peringatan yang dirayakan oleh sebagian umat Muslim di seluruh dunia. Tanggal 1 Muharram merupakan awal dari tahun Hijriah, yaitu tahun yang berdasarkan perhitungan kalender Islam. Tahun Hijriah dimulai sejak Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Tahun baru Islam bukanlah hari raya, tetapi merupakan momen untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam menyebarkan agama Islam. Tahun baru Islam juga merupakan kesempatan untuk melakukan introspeksi diri, memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan di tahun sebelumnya, dan bertekad untuk menjadi Muslim yang lebih baik di tahun yang akan datang.

Salah satu cara untuk memperingati tahun baru Islam adalah dengan membaca doa-doa awal tahun baru Islam. Doa-doa ini mengandung makna yang dalam dan membawa harapan untuk keberkahan, kebaikan, keselamatan, dan keberhasilan dalam setiap aspek kehidupan umat Muslim.

Kumpulan Doa Awal Tahun Baru Islam

Berikut adalah beberapa doa awal tahun baru Islam yang dapat dibaca untuk menyambut 1 Muharram 1445 Hijriah atau 2023 Masehi. Doa-doa ini dilengkapi dengan teks Arab, Latin, dan artinya.

Doa Pertama

اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيْمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ، وَجِوَارٍ مِنَ الشَّيطَانِ، وَرِضوَانٍ مِنَ الرَّحمَنِ

Allahumma adkhilhu 'alaina bil-amni wal-imani, was-salamati wal-islami, wa jiwarin minas-syaitani, wa ridwanin minal-rahman.

Artinya: Ya Allah, masukkanlah kami pada bulan ini dengan rasa aman, keimanan, keselamatan, dan Islam, juga lindungilah kami dari gangguan setan, dan agar kami mendapat ridha Allah (Ar-Rahman). (HR. Al-Baghawi dalam Mu’jam Ash-Shahabah, sanadnya shahih. Imam Ibnu Hajar menshahihkan hadits ini dalam Al-Ishabah, 6:407-408. Hadits ini mawquf termasuk perkataan sahabat sesuai syarat kitab shahih).

Doa Kedua

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahumma ahillahu 'alaina bil-yumni wal-imani was-salamati wal-islami rabbii wa rabbuka Allah.

Artinya: Ya Allah, tampakkanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (wahai bulan sabit) adalah Allah. (HR. Ahmad, 1:162 dan Tirmidzi, no. 3451, dan Ad-Darimi. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan gharib. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Doa Ketiga

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa 'ala fadhlikal 'azhimi wa karimi jûdikal mu’awwal. Hadza 'amun jadidun qad aqbal. As’alukal 'ishmata fîhi minas syaithani wa auliyaihi, wal 'auna 'ala hadzihin nafsil ammarati bis su’i, wal isytighala bima yuqarribunî ilaika zulfâ, ya dzal jalali wal ikrâm.

Artinya: Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karuniaMu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Ini adalah tahun baru yang telah datang. Aku memohon perlindungan kepada-Mu di tahun ini dari setan dan para pengikutnya, bantuan untuk mengendalikan diri ini yang selalu menyuruh berbuat jahat, dan kesibukan dengan apa-apa yang mendekatkan diriku kepada-Mu dengan penuh kasih sayang, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Keutamaan Membaca Doa Awal Tahun Baru Islam

Membaca doa awal tahun baru Islam merupakan amalan yang dianjurkan dalam Islam, karena memiliki beberapa keutamaan, antara lain:

  • Memohon keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT di tahun yang baru.
  • Memperkuat hubungan dengan Allah SWT dengan mengucapkan pujian dan syukur atas nikmat-Nya.
  • Mengingat kembali peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dan mengambil pelajaran dari sejarah Islam.
  • Menyadari bahwa waktu adalah anugerah yang berharga dan harus dimanfaatkan dengan baik.
  • Menyampaikan harapan dan cita-cita untuk menjadi Muslim yang lebih baik di mata Allah SWT.

Kesimpulan

Tahun baru Islam adalah momen penting dalam kalender Islam yang menandai awal dari tahun Hijriah. Tahun Hijriah dimulai sejak Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Tahun baru Islam bukanlah hari raya, tetapi merupakan kesempatan untuk melakukan introspeksi diri, memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan di tahun sebelumnya, dan bertekad untuk menjadi Muslim yang lebih baik di tahun yang akan datang.

Salah satu cara untuk memperingati tahun baru Islam adalah dengan membaca doa-doa awal tahun baru Islam. Doa-doa ini mengandung makna yang dalam dan membawa harapan untuk keberkahan dan kebaikan


Tidak ada komentar