PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

Profil Instagram KH Muammar ZA, Qari Internasional Asal Pemalang


# Profil Instagram KH Muammar ZA, Qari Internasional Asal Pemalang

Salah satu akun Instagram yang patut diikuti oleh para pecinta Al-Quran adalah [@kh_Muammar_za.official](https://www.instagram.com/kh_Muammar_za.official/). Akun ini adalah akun resmi dari KH Muammar Zainal Asyikin atau yang lebih dikenal sebagai Muammar ZA, seorang qari senior dan hafiz dari Indonesia yang dikenal secara nasional maupun internasional.

## Siapa Muammar ZA?

Muammar ZA lahir di Dusun Pamulihan, Warungpring, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada 14 Juni 1954. Ia adalah putra ketujuh dari sepuluh bersaudara dari pasangan H. Zainal Asykin dan Hj. Mu’minatul Afifah, yang juga merupakan tokoh agama di desanya.

Bakat membaca Al-Quran sudah terlihat sejak kecil pada saat mengikuti lomba membaca Quran di Pemalang pada tahun 1962 mendapat juara di umur 7 tahun. Usai SD, Muammar mondok di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah. Kaliwungu dikenal sebagai kota santri. Di sana puluhan pesantren berdiri.

Setelah mondok, Muammar belajar di PGA di Yogyakarta. Sempat pula ia belajar di IAIN Sunan Kalijaga. Selama kuliah ia masih menggeluti dunia qari. Mengikuti MTQ tingkat Provinsi DIY tahun 1967, ia berhasil menyabet juara pertama tingkat remaja. Setelah itu langganan tetap menjadi kontingen DIY di MTQ Nasional.

Dari Yogyakarta, Muammar ZA pindah ke Jakarta melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ), Ciputat.

## Apa Prestasi Muammar ZA?

Muammar ZA memiliki segudang prestasi yang berhubungan dengan dunia qiro’ah Al-Quran. Di antaranya, ia pernah menjadi juara 1 MTQ Se-Propinsi DIY tahun 1967. Selain itu, selama tiga kali berturut-turut (1967, 1972, 1973) menjuarai MTQ tingkal nasional mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tahun 1979 dan 1986 menjadi juara dalam lomba qori’ tingkat Internasional. Atas berbagai keberhasilannya ia kerap diundang keliling di berbagai belahan dunia. Di antaranya dia diundang mengaji di Istana Raja Hasanah Bolkiah (Brunei), Istana Yang Dipertuan Agung Malaysia hingga ke Jazirah Arab.

Qari Muammar ZA pernah diundang ke Pakistan untuk melantunkan ayat suci Al-Quran disana pada tahun 2009 dan juga pernah diundang untuk melantunkan ayat suci Al-Quran di Turki pada tahun 2004.

## Bagaimana Aktivitas Muammar ZA Sekarang?

Selain aktif sebagai qari, Muammar ZA juga mendirikan pondok pesantren Ummul Qoro di Cipondoh Tangerang pada 2002. Pondok ini ia gunakan sebagai tempat untuk mencetak kader qari dan qariah di Indonesia.

Muammar ZA juga aktif berdakwah melalui media sosial seperti Instagram dan YouTube. Di Instagram, ia memiliki lebih dari 1 juta pengikut yang dapat menyaksikan video-video tilawahnya yang indah dan merdu.

Di YouTube, ia memiliki lebih dari 500 ribu subscriber yang dapat menonton video-video tilawahnya yang lengkap dan berkualitas.

## Apa Pesan Muammar ZA untuk Para Pecinta Al-Quran?

Muammar ZA selalu mengajak para pecinta Al-Quran untuk terus menghafal, mempelajari, dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Ia juga mengingatkan bahwa membaca Al-Quran bukan hanya sekedar melafalkan huruf-hurufnya, tetapi juga harus memahami maknanya, menghayati pesannya, dan menjiwainya dalam hati.

Ia berharap agar generasi muda Indonesia dapat menjadi generasi yang cinta Al-Quran dan menguasai ilmu-ilmunya.

## Sumber:

- [Muammar Z.A. - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas](https://id.wikipedia.org/wiki/Muammar_Z.A.)
- [Muammar Zainal Asyikin - TribunnewsWiki.com](https://www.tribunnewswiki.com/2021/05/17/Muammar-za)
- [Profil dan Biodata Lengkap Muammar Zainal Asyikin, Qori Tingkat Internasional yang Asli dari Pemalang](https://pemalang.pikiran-rakyat.com/pemalang/pr-2403420209/profil-dan-biodata-lengkap-Muammar-zainal-asyikin-qori-tingkat-internasional-yang-asli-dari-pemalang)

Source:
(1) Muammar Z.A. - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Muammar_Z.A..
(2) Muammar Zainal Asyikin - TribunnewsWiki.com. https://www.tribunnewswiki.com/2021/05/17/Muammar-za.
(3) Profil dan Biodata Lengkap Muammar Zainal Asyikin, Qori Tingkat .... https://pemalang.pikiran-rakyat.com/pemalang/pr-2403420209/profil-dan-biodata-lengkap-Muammar-zainal-asyikin-qori-tingkat-internasional-yang-asli-dari-pemalang.

Tidak ada komentar