PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

Doa Mujir - Doa tawassul dengan Asma Allah - perlindungan dari api neraka



# Doa Mujir: Doa yang Bertawassul dengan Asma Allah

Doa Mujir adalah salah satu doa yang sangat agung dalam khazanah doa dan munajat Ahlul Bait as. Doa ini tercantum dalam kitab Al-Baladul Amin, Al-Mishbah serta Mafatih Al Jinan. Penamaan doa ini dengan Al Mujir dikarenakan pada akhir paragraf selalu menggunakan panggilan Ya Mujir, yang artinya adalah, “duhai Yang Maha Memberi keselamatan”. Keagungan doa ini disebabkan karena untaian asma-asma Allah swt yang terdapat di dalamnya. Dengan bertawasul dengan asma-asma Allah di dalamnya, maka doa ini dapat digunakan untuk memohon perlindungan kepada Allah swt dari api neraka serta untuk mencapai hajat dunia dan akhirat.

## Sejarah Doa Mujir

Doa Mujir diriwayatkan oleh Nabi Muhammad saw dari Malaikat Jibril as saat beliau melakukan shalat di Maqam Ibrahim as. Kaf'ami dalam Misbah al-Za'ir dan al-Balad al-Amin, dan Syekh Abbas al-Qummi dalam Mafatih al-Jinan menukilkan doa ini.

## Keutamaan Doa Mujir

Dalam suatu riwayat disebutkan bahwa:

> Barangsiapa yang membaca doa ini di malam dan hari bîdh di bulan Ramadhan, ia akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak tetesan air hujan, daun-daun pepohonan, pasir di daratan. Selain itu doa ini dapat menyembuhkan penyakit, menunaikan hutang, mengkayakan dari kefakiran, membahagiakan dari kesusahan, dan menghilangkan penderitaan. (Mafâtihul Jinân, bab 1: 78)

Doa yang sangat utama dibaca di bulan Ramadhan terutama di hari-hari biydh (13, 14 dan 15) Ramadhan ini juga dapat dibaca setiap saat.

## Kandungan Doa Mujir

Doa Mujir terdiri dari 88 penggalan dimana dalam setiap penggalan, Tuhan disucikan dengan mendzikirkan dua sifat sifat-Nya, misalnya "سُبْحَانَكَ يَا دَائِمُ تَعَالَيْتَ يَا قَائِمُ" dan pada akhir setiap penggalan dengan frase "أَجِرْنَا مِنَ النَّارِ يَا مُجِيرُ" (Lindungilah kami dari api neraka, wahai Pelindung). Dan doa ini diakhiri dengan bacaan:

> «سُبْحَانَكَ يَا ذَا الْعِزِّ وَ الْجَمَالِ تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَبَرُوتِ وَ الْجَلالِ سُبْحَانَكَ لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَ نَجّيْناهُ مِن الْغمّ و كذلك نُنجي المؤمنين و صلّى الله على سيدنا محمد و آله أجمعين و الحمد لله ربّ العالمين و حسبنا الله و نعم الوكيل و لا حول و لا قوة إلا بالله العليّ العظيم»

Untuk teks lengkap dan terjemahannya, lihat [Teks:Doa Mujir]

## Kesimpulan

Doa Mujir adalah doa yang sangat bermanfaat untuk memohon perlindungan dan ampunan kepada Allah swt dengan bertawassul dengan asma-asma-Nya yang agung. Doa ini memiliki sejarah, keutamaan dan kandungan yang luar biasa. Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca di bulan Ramadhan, khususnya di hari-hari biydh. Semoga kita dapat mengamalkan doa ini dengan penuh penghayatan dan keikhlasan. Amin.

Tidak ada komentar