PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

subhanallah adada ma khalaqa fis sama - KALIMAT SEDERHANA: TEMUKAN KEAJAIBAN DENGAN MENGUCAPKAN TASBIH INI


Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali terpesona oleh keindahan alam semesta ini. Pemandangan langit biru yang luas, keindahan bunga-bunga yang bermekaran, dan keragaman makhluk hidup yang ada di bumi, semuanya merupakan ciptaan Allah yang memukau. Namun, adakah kita pernah benar-benar merenungi betapa luar biasanya segala yang diciptakan-Nya?

 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi, Rasulullah Muhammad SAW. mengajarkan kepada sahabat dan istri-istri beliau sebuah kalimat tasbih yang sungguh mendalam maknanya:

 

*"سُبْحَانَ اللهِ عَدَدَ مَا خَلَقَ فِي السَّمَاءِ، سُبْحَانَ اللهِ عَدَدَ مَا خَلَقَ فِي اْلأَرْضِ، سُبْحَانَ اللهِ عَدَدَ مَا بَيْنَ ذٰلِكَ، سُبْحَانَ اللهِ عَدَدَ مَا هُوَ خَالِقٌ"*

 

(Subhaanallooh ‘adada maa kholaqa fis-samaa’, subhaanallooh ‘adada maa kholaqa fil-ardh, subhaanallooh ‘adada maa baina dzaalik, subhaanallooh ‘adada maa huwa khoo'iq)

 

Artinya, "Maha Suci Allah Sebanyak Bilangan Apa Yang Dia Ciptakan Di Langit, Maha Suci Allah Sebanyak Bilangan Apa Yang Dia Ciptakan Di Bumi, Maha Suci Allah Sebanyak Bilangan Apa Yang Dia Ciptakan Diantara Keduanya, Maha Suci Allah Sebanyak Bilangan Apa Yang Dia Ciptakan."

 

Kalimat ini mengajarkan kepada kita untuk senantiasa memuji dan mengagungkan kebesaran Allah SWT. Ketika kita merenungkan betapa banyaknya ciptaan-Nya di langit, di bumi, dan di antara keduanya, kita akan semakin tersadar akan kebesaran-Nya yang tak terhingga.

 

Langit yang begitu luas dan penuh dengan bintang-bintang yang berserakan merupakan bagian dari keagungan Allah SWT. Bumi yang subur dengan segala kekayaan alamnya, serta segala makhluk hidup yang bertebaran di dalamnya, semuanya merupakan bukti kebesaran-Nya.

 

Dalam setiap detail kehidupan ini, dari yang terkecil hingga yang terbesar, Allah SWT telah menunjukkan kebesaran-Nya. Segala yang ada di dunia ini diciptakan dengan penuh hikmah dan tujuan yang mulia.

 

Ketika kita merenungi kalimat tasbih yang diajarkan oleh Rasulullah SAW., kita diingatkan untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan kepada kita. Segala yang ada di sekitar kita, baik yang tampak maupun yang tak terlihat, semuanya merupakan karunia-Nya yang patut kita syukuri.

 

Dengan memahami kebesaran Allah dalam segala ciptaan-Nya, kita diharapkan dapat menjadi hamba yang lebih taat dan bertakwa. Semoga kita senantiasa bisa mengingat dan mengamalkan kalimat tasbih ini dalam setiap langkah kehidupan kita. Subhanallah!


Tidak ada komentar