PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

Sholawat Nuril Anwar: Makna, Keutamaan, dan Cara Membacanya

Sholawat Nuril Anwar adalah salah satu sholawat yang populer di kalangan umat Islam. Sholawat ini disusun oleh Sayyid Ahmad Al-Badawi, seorang ulama besar dan wali qutub pada zamannya. Beliau adalah keturunan langsung dari Rasulullah SAW dan memiliki banyak karya ilmiah, terutama dalam bidang tasawuf.

Sholawat Nuril Anwar berisi pujian dan doa kepada Nabi Muhammad SAW, yang disebut sebagai cahaya di antara segala cahaya, rahasia di antara segala rahasia, penawar duka dan pembuka pintu kemudahan, manusia pilihan, serta keluarga dan sahabatnya yang suci dan mulia. Sholawat ini juga memohon agar Allah SWT melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sebanyak jumlah kenikmatan yang Dia berikan.

Makna Sholawat Nuril Anwar

Berikut ini adalah teks sholawat Nuril Anwar dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِ اْلاَنْوَارِ وَسِرِّ اْلاَسْرَارِ وَتِرْيَاقِ اْلاَغْيَارِ وَمِفتَاحِ بَابِ الْيَسَارِ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدِ نِالْمُخْتَارِ وَالِهِ اْلاَطْهَرِ وَاَصْحَابِهِ اْلاَخْيَارِ عَدَدَ نِعَمِ اللّهِ وَاِفضَالِهِ

 

Allahumma shalli 'alaa nuuril anwaar. Wasirril asraari watiryaaqil aghyaar. Wamiftaahi baabil yasaari sayyidinaa wamaulaana Muhammadinil mukhtaar. Wa aalihil ath-haari wa ash-haabihil akhyaar. 'Adada ni'amillaahi wa ifdhaalih.

 

Ya Allah, limpahkanlah salawat atas cahaya di antara segala cahaya, rahasia di antara segala rahasia, penawar duka dan pembuka pintu kemudahan, junjungan kita Nabi Muhammad, manusia pilihan, juga kepada keluarganya yang suci dan sahabatnya yang baik, sebanyak jumlah kenikmatan Allah dan karuniaNya.

Dari teks sholawat ini, kita dapat memahami beberapa makna, antara lain:

  • Nabi Muhammad SAW adalah nuuril anwaar, yaitu cahaya di antara segala cahaya. Ini menunjukkan bahwa beliau adalah makhluk yang paling mulia, yang mendapat cahaya dari Allah SWT dan menyebarkannya kepada seluruh alam. Beliau juga adalah pembawa risalah yang menerangi hati dan jalan umat manusia menuju kebenaran dan kebaikan.
  • Nabi Muhammad SAW adalah sirril asraar, yaitu rahasia di antara segala rahasia. Ini menunjukkan bahwa beliau adalah orang yang paling dekat dengan Allah SWT, yang mengetahui rahasia-rahasia ilahi yang tidak diketahui oleh makhluk lain. Beliau juga adalah orang yang menyimpan rahasia-rahasia agung, seperti isra dan mi’raj, sholat, dan lain-lain.
  • Nabi Muhammad SAW adalah tiryaaqil aghyaar, yaitu penawar duka dan pembuka pintu kemudahan. Ini menunjukkan bahwa beliau adalah orang yang paling penyayang, yang memberikan obat dan penyejuk bagi hati yang sedih dan gelisah. Beliau juga adalah orang yang paling berkah, yang membawa kemudahan dan kesejahteraan bagi umatnya.
  • Nabi Muhammad SAW adalah miftaahi baabil yasaar, yaitu kunci pintu kemudahan. Ini menunjukkan bahwa beliau adalah orang yang paling berjasa, yang membuka pintu-pintu rahmat dan hidayah Allah SWT bagi umatnya. Beliau juga adalah orang yang paling berpengaruh, yang membuka pintu-pintu kebaikan dan keberhasilan bagi umatnya.
  • Nabi Muhammad SAW adalah mukhtaar, yaitu manusia pilihan. Ini menunjukkan bahwa beliau adalah orang yang paling terpilih, yang dipilih oleh Allah SWT sebagai rasul terakhir dan penutup para nabi. Beliau juga adalah orang yang paling sempurna, yang memiliki akhlak dan sifat yang mulia dan terpuji.
  • Keluarga dan sahabat Nabi Muhammad SAW adalah ath-haar dan akhyaar, yaitu orang-orang yang suci dan baik. Ini menunjukkan bahwa mereka adalah orang-orang yang paling istimewa, yang mendapat kehormatan dan kecintaan dari Nabi Muhammad SAW. Mereka juga adalah orang-orang yang paling teladan, yang mengikuti sunnah dan ajaran Nabi Muhammad SAW dengan setia dan taat.

Keutamaan Sholawat Nuril Anwar

Sholawat Nuril Anwar memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi yang membacanya. Berdasarkan kitab Afdholus Sholawat karya Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabhani, Sayyid Ahmad Ruslan berkomentar:

“Sholawat ini sangat mujarab untuk menunaikan hajat, mengusir kesusahan, menolak bencana dan meraih cahaya, bahkan sangat manjur untuk segala keperluan. Sebaiknya sholawat ini dibaca sebanyak seratus kali dalam sehari.”

Beberapa keutamaan dan manfaat yang dapat diraih dengan membaca sholawat Nuril Anwar adalah:

  • Mendapatkan rahmat dan karunia Allah SWT sebanyak jumlah kenikmatan yang Dia berikan.
  • Mendapatkan cahaya ilahi yang menerangi hati dan jalan hidup.
  • Mendapatkan perlindungan dari segala marabahaya dan musibah.
  • Mendapatkan kemudahan dalam segala urusan dan hajat.
  • Mendapatkan kecintaan dan syafaat Nabi Muhammad SAW.
  • Mendapatkan kebersihan dan kesucian jiwa dan badan.
  • Mendapatkan keberkahan dan kesejahteraan dunia dan akhirat.

Cara Membaca Sholawat Nuril Anwar

Sholawat Nuril Anwar dapat dibaca kapan saja dan di mana saja, dengan niat yang ikhlas dan hati yang bersih. Namun, ada beberapa waktu dan cara yang disunnahkan untuk membaca sholawat ini, antara lain:

  • Membaca sholawat Nuril Anwar setiap selesai sholat fardhu, sebanyak 11 kali atau sesuai kemampuan.
  • Membaca sholawat Nuril Anwar sebelum tidur, sebanyak 7 kali atau sesuai kemampuan.
  • Membaca sholawat Nuril Anwar setiap hari, sebanyak 100 kali atau sesuai kemampuan.
  • Membaca sholawat Nuril Anwar pada hari Jumat, sebanyak 1000 kali atau sesuai kemampuan.
  • Membaca sholawat Nuril Anwar pada malam Nisfu Sya’ban, sebanyak 1000 kali atau sesuai kemampuan.
  • Membaca sholawat Nuril Anwar pada malam Lailatul Qadar, sebanyak 1000 kali atau sesuai kemampuan.

Demikianlah artikel tentang Sholawat Nuril Anwar yang saya buat. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan keimanan kita. Jangan lupa untuk selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, agar kita mendapat syafaat dan ridha-Nya. Aamiin.

Walloohu A’lam Bish-showaab.


Tidak ada komentar