PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

Bertasbih, Bertaḥmid, dan Mengakui Keagungan Allah: Kekuatan dalam Zikir dan Doa - subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar


Zikir, atau pengingatan dan persembahan hati kepada Allah, adalah praktik penting dalam agama Islam. Salah satu bentuk zikir yang utama dan sering diucapkan adalah:

سُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ، وَلَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

SUBHAANALLOOH, WALHAMDU LILLAAH, WALAA ILAAHA ILLALLOOH, WALLOOHU AKBAR, WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL 'ALIYYIL 'AZHIIM

 

Terjemahan: Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, tiada daya dan upaya melainkan atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

 

Pengantar

Zikir adalah sarana spiritual yang mendalam dalam Islam. Dalam bahasa Arab, istilah zikir berasal dari kata "ذَكَرَ" (dzakara), yang artinya mengingat atau menyebut nama. Dalam rangkaian kalimat zikir di atas, setiap frasa memiliki makna khusus dan memberikan dimensi kekayaan spiritual bagi orang yang mengucapkannya.

 

1. سُبْحَانَ اللهِ (Subhanallah) - Maha Suci Allah

Mengucapkan "سُبْحَانَ اللهِ" adalah cara untuk menyatakan keagungan dan kesucian Allah. Ini mengingatkan kita bahwa Allah Maha Suci, bebas dari segala cacat dan kekurangan.

 

2. وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ (Alhamdulillah) - Segala Puji bagi Allah

Frasa ini mengajarkan kita untuk bersyukur dan mengakui bahwa segala puji hanya layak diberikan kepada Allah. Kita menghargai nikmat dan rahmat-Nya dalam setiap aspek kehidupan.

 

3. وَلَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ (La ilaha illallah) - Tiada Tuhan Selain Allah

Pernyataan ini adalah inti dari keimanan Islam. Dengan mengucapkannya, seseorang menegaskan kepercayaan bahwa tidak ada tuhan selain Allah. Ini adalah panggilan untuk tunduk dan berserah diri sepenuhnya kepada-Nya.

 

4. وَاللهُ أَكْبَرُ (Allahu Akbar) - Allah Maha Besar

Mengakui kebesaran Allah membantu kita melepaskan ego dan mengingatkan bahwa segala sesuatu di dunia ini relatif kecil dibandingkan dengan kebesaran-Nya.

 

5. وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ (Wala hawla wala quwwata illa billahil 'Aliyyil 'Azhiim) - Tiada Daya dan Upaya melainkan atas Pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung

Kalimat ini menyiratkan kelemahan dan keterbatasan manusia, dan kekuatan yang sejati hanya bisa ditemukan dalam pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

 

Kesimpulan

Zikir di atas adalah sebuah perjalanan spiritual yang lengkap. Setiap frasa mengajarkan nilai-nilai dasar dalam Islam, seperti kepatuhan, syukur, dan pengakuan terhadap kebesaran Allah. Mengingat dan mengucapkan zikir ini bukan hanya aktus ritual, melainkan cara untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, menemukan ketenangan batin, dan memperkuat ikatan spiritual dengan Allah.


Tidak ada komentar