PERINGATAN !!!
Iklan yang muncul tergantung minat pengunjung atau karena riwayat situs lain yang pernah dikunjungi. SELENGKAPNYA

Keajaiban Waktu Mustajabah Dalam Berdoa



Doa merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Rasulullah SAW bersabda, "Doa adalah inti ibadah" (HR. Tirmidzi). Oleh karena itu, penting bagi setiap muslim untuk memahami dan memanfaatkan waktu-waktu mustajabah agar doa-doa yang dimohonkan dapat lebih cepat diijabah oleh Allah SWT. Berikut adalah beberapa waktu mustajabah dalam berdoa:

1. Waktu Antar Adzan dan Iqamah

Salah satu waktu yang sangat mustajab untuk berdoa adalah saat antara adzan dan iqamah. Rasulullah SAW bersabda, "Doa antara adzan dan iqamah tidak akan ditolak" (HR. Ahmad). Maka, gunakanlah waktu ini untuk berdoa memohon kepada Allah dengan penuh khusyuk dan keikhlasan.

2. Saat Sujud

Sujud merupakan momen yang sangat istimewa dalam shalat. Rasulullah SAW bersabda, "Akan lebih dekat kepada Allah seorang hamba ketika ia sedang sujud, maka perbanyaklah doa" (HR. Muslim). Oleh karena itu, manfaatkanlah saat sujud untuk merayu dan memohon kepada Allah.

3. Waktu Tengah Malam (Tahajjud)

Tahajjud adalah salah satu waktu terbaik untuk berdoa. Allah turun ke langit dunia pada malam hari dan bertanya, "Adakah yang meminta, agar aku memberikan? Adakah yang memohon ampunan, agar aku mengampuni?" (HR. Muslim). Dengan kesunyian malam dan hati yang hening, berdoa di waktu ini akan menjadi lebih khusyuk dan mustajab.

4. Pada Hari Jum'at

Hari Jum'at juga merupakan waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW bersabda, "Di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jum'at; pada hari ini Adam diciptakan, pada hari ini dia dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari ini dia dikeluarkan dari surga" (HR. Muslim). Maka, manfaatkanlah kesempatan ini untuk memperbanyak doa.

5. Setelah Shalat Fardhu

Setelah menunaikan shalat fardhu, merupakan waktu yang sangat baik untuk berdoa. Rasulullah SAW bersabda, "Doa seorang mukmin akan selalu diijabah selama ia tidak meminta untuk berbuat dosa dan memutuskan hubungan keluarga" (HR. Muslim). Oleh karena itu, sampaikanlah doa-doa dengan hati yang tulus setelah selesai shalat fardhu.

6. Pada Saat Hujan Turun

Hujan adalah salah satu rahmat Allah yang besar. Rasulullah SAW bersabda, "Dua doa yang tidak tertolak adalah doa ketika adzan berkumandang dan doa ketika hujan turun" (HR. Bukhari). Manfaatkanlah momen ketika hujan turun untuk berdoa dengan sungguh-sungguh.

7. Ketika Bepergian

Waktu perjalanan juga merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW bersabda, "Tiga doa yang tidak tertolak; doa orang yang terzhalimi, doa orang tua terhadap anaknya, dan doa seorang musafir" (HR. Tirmidzi). Maka, saat bepergian, jangan lupa untuk memohon perlindungan dan petunjuk kepada Allah.

Dalam berdoa, perlu diingat untuk selalu bersikap tawakal kepada Allah SWT. Keikhlasan, keyakinan, dan konsistensi dalam berdoa merupakan kunci agar doa-doa kita diijabah oleh Allah. Semoga dengan memanfaatkan waktu-waktu mustajabah ini, setiap doa yang kita panjatkan menjadi jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Tidak ada komentar